Connect with us

Sekitar Kita

Memperingati Hari Kura-Kura dan Penyu Sedunia.

Diterbitkan

on

DentumNews | Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia dirayakan sejak tahun 2002 oleh American Tortoise Rescue (ATR) untuk menarik perhatian warga dunia terhadap keberadaan kura-kura dan penyu dan mendorong manusia untuk menyelamatkan spesies yang terancam.

Hari kura-kura dan penyu sedunia dirayakan di seluruh dunia dengan berbagai cara, mulai dari gerakan sosial, pembelajaran mengenai kehidupan kura-kura dan penyu, hingga pembuatan kerajinan tangan berbentuk kura-kura dan penyu.

Hari penyu dan kura-kura sedunia di peringati tanggal setiap 23 Mei, perayaan ini sudah berjalan selama 21 tahun, kura-kura dan penyu merupakan kedua hewan yang berbeda.

Penyu bisa hidup sampai umur 40 tahun dan memiliki cangkang yang cenderung datar. Selain itu, penyu juga lebih banyak hidup di air dan banyak ditemukan di laut. Sedangkan kura-kura lebih banyak hidup di darat, habitatnya mencakup perairan hutan dan padang rumput. Kura-kura juga memiliki masa hidup yang lebih lama, yaitu mencapai 300 tahun lamanya.

ATR pertama kali mengenalkan hari peringatan kura-kura dan penyu sedunia ini pada 23 Mei 2002 yang seterusnya masih diperingati hingga saat ini. ATR pertama kali didirikan oleh Susan Tellem dan Marshall Thompson. Mereka rutin mengadakan acara donasi dan menyebarkan kesadaran terhadap keberadaan kura-kura dan penyu.

Sejak tahun 1990, ATR telah memberikan rumah untuk lebih dari 4.000 kura-kura dan penyu di dunia. ATR sebagai organisasi non-profit ini juga berusaha untuk memperjuangkan hak-hak dari habitat hidup kura-kura dan penyu.

Sumber : Detik.Com

Lanjut membaca
Advertisement
Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *